Sekadar sebuah weblog WordPress lainnyaPosts RSS Comments RSS

Archive for the 'News' Category

BRT untuk Pariwisata Solo

 

Setelah di adakanya sebuah Kereta Uap Kuno oleh Joko Widodo selaku Wali Kota Solo guna mendukung dan menumbuh kembangkan sektor pariwisata di kota Solo, kini pak Wali menambah lagi aspek pendukung pariwisata di kota Solo. Mungkin dengan satu hal ini anda sudah tidak asing lagi apabila terucap kata BRT, ya memang BRT atau Bus Rapit Transit. Akan tetapi oleh pak Wali berubah namanya bukan BRT lagi namun menjadi BST. Mungkin akan segera timbul pertanyaan kok namanya BST..? bukan Trans Solo atau Busway Solo.? hal ini dikarenakan orangno 1 di kota solo menginginkan sebisa mungkin yang ada diSolo menjadi icon pariwisata di Solo. BST yang memiliki kepanjangan Batik Solo Trans ini mengemban erat Batik yang notabene adalah cirikhas dari Kota Solo itu sendiri.

BST ini dioperasikan oleh pemerintah kota Surakarta dengan menggunakan jalur A bus DAMRI akan tetapi ada yang membedakan bus ini dengan Damri yaitu, ketika DAMRI Jalur A masih beroperasi bus Damri bisa menaik/menurunkan penumpang disembarang tempat sedangkan untuk BST ini disediakan lahan sendiri oleh pengelola untuk menaik/menurunkan penumpang. Tempat yang digunakan untuk menaik/menurunkan penumpang adalah SHALTER sebenarnya tidak jauh beda dengan Halte bis akan tetapi juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Diantaranya perbedaaan itu adalah apabila halte dan bus umum memiliki dua pintu dan penumpang bisa naikturun melalui dua pintu didepan dan belakan namun untuk shalter dan BST ini beda, penumpang yang ingin naik BST hanya bisa naik/turun dari shalter tersebut melalui pintu tengah dimana pintu tersebut dioperasikan secara automatic.

 

Continue Reading »

No responses yet

Wayang Beber, sehat walafiat di Baluwarti

 

Sebagai kampung wisata budaya, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo kaya dengan berbagai potensi seni budaya. Banyak hasil karya seni budaya tradisional diproduksi di Baluwarti. Seperti pernah diungkap di sini, di RW VII ada berbagai macam karya seni keris, dari yang sederhana hingga paling rumit. Dari yang ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Demikian pula di RW II diproduksi berbagai macam alat musik tradisional rebab, juga aksesoris dan kerajinan daur ulang kertas koran. Sedangkan di RW III ada karya seni yang terbilang langka, yakni wayang beber. Adalah Joko Sri Yono, 59, seorang pengrajin.

Di RT 01/RW III, Joko yang asli warga Baluwarti ini tinggal bersama keluarganya, ditemani istri Sukarti dan dua anaknya. Di rumah sederhana ini Joko menekuni wayang beber. Tapi, Joko juga melakukan aktivitas lain untuk menyambung hidup sehari-hari. Ini karena membuat wayang beber belum dapat dijadikan andalan untuk mata pencaharian.

Ketika Espos ke kediamannya, awalnya ditunjukkan hasil karyanya berupa selembar kain yang dilukis gambar wayang menceritakan sebuah kisah. Joko kemudian menunjukkan tabung besar berisi puluhan gulungan film, yang merupakan lukisan dasar gambar wayang beber. Wayang beber juga ada pakemnya, yang dibuatnya dalam film itu. Bahkan, Joko juga membuat wayang beber di luar pakem, yang merupakan hasil kreasinya.

Sesuai pakem, menurut Joko, jika wayang kulit ada kisah Mahabarata dan Ramayana yang berasal dari India. Untuk wayang beber justru kisah asli Indonesia, yakni dari Kerajaan Kediri, berupa cerita petualangan Panji Asmorobangun saat mencari Dewi Sekartaji.

Mahasiswa ISI Solo pernah ada yang melakukan penelitian untuk skripsinya, sampai ia datang ke daerah asal wayang beber kali pertama dibuat yakni Desa Kedompol, Pacitan, Jatim. Di sana wayang beber dilakonkan seperti wayang kulit dan ada dalangnya. Dalang yang ada sekarang generasi ke-13. Di berbagai daerah seperti Solo tak ada dalang wayang beber. Yang ada tukang sungging wayang beber seperti Joko.

Sejak kecil, Joko berpikiran, ”Dengan menekuni ini bisa untuk hari tuaku. Wayang beber harus terus diuri-uri, dan saya akan terus melakukannya.” Sehingga meski penghasilannya tak seberapa, Joko terus menggeluti. Ditanya soal harga, Joko keberatan menyebutkan. Alasannya, hasil karya seperti ini tak ternilai harganya. Namun, akhirnya mengakui satu lembar wayang beber yang mengisahkan satu lakon, dihargai sekitar Rp 1 juta.

Dua pekan
Untuk menggambar sebuah karya, tiap lembarnya membutuhkan waktu dua pekan. ”Ini kalau full time. Kalau disambi ya bisa satu-dua bulan.”

Sejak kecil Joko sudah bergelut dengan dunia seni. Ayahnya pun orang keraton, driver khusus PB X. Dari segi penghasilan, Joko mengakui, dengan membuat wayang beber hasilnya tak seberapa, tapi kalau seni adiluhung ini ditinggalkan juga amat sayang. Maka, untuk menyambung hidup, Joko sempat bekerja di Batik Semar.

Joko berharap wayang beber dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Karena, anak perlu tahu berbagai macam wayang, seperti wayang suket yang digeluti Slamet Gundono, wayang kampung sebelah milik Ki Jlitheng Suparman, juga wayang beber yang mengedepankan seni lukis.

Lurah Baluwarti Tuti Orbawati R SSen MSn yang lulusan ISI Solo, mengaku bangga dengan warganya yang memiliki banyak potensi. Karenanya dia akan terus mengupayakan Baluwarti sebagai kampung wisata seni budaya.

Oleh: Pardoyo, Litbang SOLOPOS [sumber]

No responses yet

PERINGATAN BUAT KITA

Banyak Batik China Berlabel Lokal di Solo

 


Bagaimana pendapat kalian, dimana kalian sebagai calon palaku wisata dan anda yang telah menjadi pelaku wisata tentang batik China yang masuk ke Solo berlabel lokal…?? Pastinya ini adalah kabar yang sangat mengerikan, dimana kali ini tidak ada pengeklaiman batik oleh China akan tetapi mungkin batik telah diakui milik Indonesia akan tetapi perdagangan bebas akan menjadi jembatan untuk izin memproduksi produk lokal yang notabene menjadi cirikhas suatu daerah. Nah, akan tetapi para produsen dari negeri China masuk dengan menjual batik hasil olahanya. Sebenarnya hal ini sudah mengubah nilai batik itu sendiri, karena jelas-jelas yang memproduksi bukan orang Solo/Indonesia. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan para konsumen, karena yang konsumen cari adalah batik harga murah, barang bagus, dan tidak mau tau siapa yang memproduksi.

 Berikut ada kutipan dari okezone.com yang membeberkan tentang batik China berlabel lokal yang beredar bebas di Solo.

Continue Reading »

No responses yet

Jumlah Wisatawan Asing Meningkat di Tabanan

 

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung menikmati obyek pariwisata di Kabupaten Tabanan, Bali mengalami peningkatan dari 750.000 orang tahun 2008 melonjak menjadi 890.000 orang hingga Oktober tahun ini.

Denpasar, 12/12 (Antara/FINROLL News)- Jumlah wisatawan asing yang berkunjung menikmati obyek pariwisata di Kabupaten Tabanan, Bali mengalami peningkatan dari 750.000 orang tahun 2008 melonjak menjadi 890.000 orang hingga Oktober tahun ini. Continue Reading »

No responses yet

Tahun Kunjung Museum 2010

JAKARTA, KOMPAS.com- Sukses program Visit Indonesia Year yang telah meningkatkan kepariwisataan Indonesia, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2010 melaksanakan program yang lebih optimistis lagi, yaitu Tahun Kunjung Museum 2010. Program ini memiliki peranan strategis sebagai wahana pengguat program revitalisasi museum.

Demikian diungkapkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dan Direktur Museum Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Intan Mardiana, yang dihubungi secara terpisah hari Jumat (1/1) di Jakarta. "Program Tahun Kunjungan Museum 2010 dicanangkan 31 Desember 2009 guna meningkatkan wisatawan, baik domestik maupun asing tahun 2010," kata Jero Wacik.

Continue Reading »

No responses yet

Dana Reviltalisasi Mangkunegaran Rp 42 M

24 Desember 2009 | 12:39

Jebres (Espos) — Nominal kebutuhan dana revitalisasi Pura Mangkunegaran Solo hasil estimasi Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo meningkat dari Rp 38 miliar menjadi Rp 46 miliar.
Kenaikan kebutuhan anggaran yang mencapai Rp 8 miliar itu, untuk penataan landscape atau kawasan. Penjelasan tersebut disampaikan Kepala DTRK Solo, Agus Djoko Witiarso, saat ditemui Espos seusai menjadi pembicara dalam seminar nasional bertajuk Urban Audit by Urban Crisis di Aula FISIP UNS Solo, Rabu (23/12).

Continue Reading »

No responses yet

Jadwal Penerbangan se-Indonesia

Lihat dan cermati, apabila anda membutuhkan informasi penerbangan secara keseluruhan oleh masing-masing maskapai penerbangan domestik.

jadwalpenerbangan.net/

Smentara itu, untuk penenrbangan International anda bisa langsung masuk ke

www.semuajadwal.net/

D3 Usaha Perjalanan Wisata, UNS

Bumi Kentingan Tour and Travel

 

No responses yet