Sekadar sebuah weblog WordPress lainnyaPosts RSS Comments RSS

Profil

Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS merupakan lembaga pendidikan profesional di bidang Usaha Perjalanan Wisata dengan minat khusus di bidang wisata budaya. Dengan lama studi 6 semester berupaya menghasilkanlulusan yang memiliki kemandirian, profesional di bidang ketrampilan dalam Manajemen Usaha Perjalanan Wisata dengan minat khusus pada wisata budaya. enaga pengajar dan lulusannya mampu menyusun paket wisata, menghasilkan produk-produk paket wisata khususnya wisata budaya yang bermanfaatbagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan masyarakat secara luas, serta bekerjasama pengembangan paket-paket wisata baru khususnya paket wisata budaya dengan biro-biro perjalanan anggota ASITA serta dunia industri pariwisata.

 

Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan Program Studi

Visi
Visi Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret adalah mewujudkan lembaga pendidikan yang mandiri, demokratis dan terbuka dalam rangka menyiapkan tenaga di bidang pariwisatayang berkualitas serta memiliki kemampuan tinggi sehingga mampu bersaing pada tingkat regional, nasional maupun internasional.

Misi
Misi Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS yang didasarkan pada visi tersebut di atas makadirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional yang mampu menghasilkan tenaga-tenaga ahli di bidang Usaha Perjalanan Wisata;
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu mengaplikasikan teori dan konsep-konsep pariwisata dalam praktek kerja;
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu mengadaptasi dan merespon perkembangan yang terjadi di masyarakat berkaitan dengan bidang usaha perjalanan wisata.
  4. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menciptakan lapangan kerja di bidang Usaha Perjalanan Wisata, khususnya dalam perencanaan perjalanan wisata,penyelenggaraan paket wisata, pemasaran wisata, pemanduan dan penguasaan dokumen pasasi.
  5. Kualitas lulusan dan kemandirian itu terutama diarahkan pada penguasaan kemampuan dalam bidang perencanaan, penyelenggaraan, pemasaranserta pemanduan sebuah perjalanan wisata sebagai bidang kajian utama.

Tujuan Program Studi
Untuk melaksanakan misinya itu Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata UNS menetapkan tujuan pengembangannya sebagai berikut:

  1. Mengembangkan Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS sebagai lembaga pendidikan profesional di bidang Usaha Perjalanan Wisata dengan minat khusus di bidang wisata budaya dengan ciri-ciri:
    • Dihasilkannya lulusan dengan daya serap pendidikan yang tinggi, dan memiliki sikap kemandirian yang memadai serta profesional di bidang ketrampilan dalam Manajemen Usaha Perjalanan Wisata dengan minat khusus pada wisata budaya.
    • Lama studi tepat waktu (6 semester). Tujuan ini hendak dicapai dalam waktu 5 tahun terhitung mulai 2000/2001.
  2. Mengembangkan Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata   Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS sebagai lembaga rujukan di daerah untuk kajian manajemen  Usaha Perjalanan Wisata dengan ciri-ciri:
    • Kemampuan profesi menyusun paket wisata dari tenaga pengajar dan lulusannya;
    • Dihasilkannya produk-produk paket wisata khususnya wisata budaya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan masyarakat secara luas.
    • Mantapnya kerjasama pengembangan paket-paket wisata baru khususnya paket wisata budaya dengan biro-biro perjalanan anggota ASITA serta dunia industri pariwisata. Tujuan ini hendak dicapai dalam waktu 10 tahun terhitung mulai 2000/2001.

Comments are closed.